Apa Itu Visi Misi

 Apa Itu Visi Misi

Daftar Isi 

1. Pengertian Visi
2. Pengertian Misi 
3. Kegunaan Visi Dan Misi
4. 4 Cara Sederhana Merumuskan Visi Misi Perusahaan


1. Pengertian Visi


Visi merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Bisa dikatakan visi menjadi tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga. Ia berisi pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran itu adalah gambaran dari masa depan dari organisasi yang ingin dicapai. Ada juga yang berpandangan bahwa visi adalah suatu pandangan tertentu mengenai arah managemen lembaga. Ini sangat menentukan akan dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di masa depan. Adanya visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga harus memiliki arah yang jelas.

Adapun rangkuman dari pengertian visi tersebut adalah sebagai berikut:

- Visi merupakan suatu tulisan yang di dalamnya terdapat pernyataan cita-cita dari sebuah instansi atau lembaga di masa mendatang.
- Visi merupakan suatu tulisan dalam bentuk singkat yang di dalamnya ada pernyataan jelas, dan menjadi arah dari sebuah perusahaan atau organisasi.
- Visi memiliki pengertian suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisann tentang tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.

2. Pengertian Misi


Setelah mengetahui pengertian dari visi, maka kini Anda akan diajak mengetahui apa yang dimaksud dengan misi. Jika tadi sudah diungkap bahwa visi merupakan tujuan atau arah utama. Maka bisa dikatakan misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut. Di samping itu, misi juga dapat diartikan sebagai suatu deskripsi atau tujuan mengapa sebuah instansi atau organisasi berada di masyarakat.

Ada juga yang menyatakan bahwa misi adalah penjabaran dari suatu visi. Apabila visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, maka misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa misi adalah:

- Suatu penjabaran dari visi, baik itu visi lembaga, organisasi, ataupun instansi.
- Misi merupakan suatu langkah ataupun tahapan yang semuanya harus dilalui oleh lembaga yang bersangkutan untuk dapat mencapai visi yang utama.
- Misi merupakan langkah-langkah yang perlu diambil untuk bisa merangsang capaian yang tertulis di dalam misi utama.




3. Kegunaan Visi Dan Misi



Jika bicara tentang organisasi, maka bisa dibilang sama seperti perusahaan. Suatu perusahaan pasti memiliki visi misi yang biasanya untuk mengembangkan perusahaan itu sendiri. Bahkan, visi misi perusahaan ternyata memiliki kegunaan atau manfaat bagi perusahaan. Berikut ini kegunaan visi dan misi perusahaan.

3.1) Memberikan Standar pada Kerja

Salah satu kegunaan dari visi misi perusahaan adalah sebagai hal yang kemudian dapat memberikan standar kerja. Standar kerja ini sendiri berlaku bagi para tenaga kerja atau bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Dengan adanya standar kerja ini, maka setiap karyawan dapat bekerja dengan lebih optimal, sehingga hasilnya akan menjadi lebih baik.

3.2) Meningkatkan Motivasi Kerja

Setiap karyawan umumnya dapat bekerja dengan lebih bersemangat jika memahami dengan dengan jelas apa saja yang menjadi tujuannya. Oleh karena itu, sebuah perusahaan yang memiliki visi dan misi yang jelas tentu akan membuat karyawannya dapat bekerja dengan penuh semangat dalam bekerja dan menjadi lebih semangat untuk mencapai apa-apa yang menjadi tujuan dari perusahaan.


3.3) Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja

Jika visi misi yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan menimbulkan motivasi, maka nantinya karyawan akan menjadi lebih produktif. Hal ini juga didukung pula oleh adanya semangat ataupun motivasi bagi karyawan yang membuatnya kian ingin mencapai tujuan perusahaan. Produktivitas dan kinerja karyawan akan semakin meningkat, sehingga misi perusahaan ini akan dijalankan dengan lancar serta sesuai dengan harapan dan berhasil mencapai tujuan.

3.4) Menjadi Acuan bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan didirikan dengan sebuah acuan. Dengan kata lain, acuan yang digunakan oleh perusahaan ini menjadi sebuah landasan ataupun sebagai tonggak bagi perkembangan bisnis. Acuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan ini dapat menjadi semacam pegangan bagi perusahaan untuk dapat berkembang. Dengan begitu, perusahaan tak akan kehilangan arah serta setiap kegiatannya akan sesuai dengan apa-apa yang menjadi acuan baginya.

3.5) Menjadi Pedoman Kerja Karyawan

Selain menjadi acuan bagi sebuah perusahaan, rupanya visi misi perusahaan ini juga dijadikan sebagai sebuah pedoman. Dalam hal ini, visi misi ini akan menjadi sebuah pedoman untuk para karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tersebut. Tentu hal ini akan membuat para karyawan menjadi lebih yakin saat melakukan berbagai pekerjaannya.

Dengan meningkatkan loyalitas karyawan, tidak hanya kinerja serta produktivitas saja yang akan meningkat, tetapi kedepannya loyalitas para karyawan juga akan semakin meningkat. Loyalitas yang meningkat ini pada akhirnya akan membuat para karyawan dapat bekerja dengan semaksimal mungkin. Dengan begitu, segala misi perusahaan dapat dijalankan secara optimal, sehingga visi perusahaan dapat dicapai dengan lebih mudah.

4. Cara Sederhana Merumuskan Visi Misi Perusahaan


Saat Anda mendirikan perusahaan maka hal penting yang harus disusun sebagai pondasi adalah menentukan visi dan misi perusahaan. Visi dan misi perusahaan nantinya akan digunakan sebagai acuan atau panduan untuk membuat rancangan kerja, target kerja, rencana perusahaan ke depan dan banyak lagi.

Visi dan misi akan memastikan perusahaan Anda berjalan terarah dan terukur. Beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk merumuskan visi dan misi perusahaan, di antaranya sebagai berikut:

4.1) Menentukan nilai dari perusahaan Anda

Perusahaan adalah sama halnya seperti presentasi diri sendiri di hadapan publik dimana perusahaan memiliki nilai-nilai tertentu yang berharga. Nilai-nilai ini sama halnya dengan kualitas diri yang dimiliki seperti kejujuran, integritas, dapat diandalkan, inovatif, tegas, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, Apple Inc, memiliki slogan “Think Different” dimana slogan ini lahir dari adanya visi misi. Brand Apple menjanjikan inspirasi untuk menciptakan produk yang bisa membuat konsumennya melihat dunia dengan cara berbeda.

Jika dilihat sekilas, visi dan misi tidak jauh berbeda namun ada pembedanya yang tampak jelas. Visi, akan menjawab pertanyaan yang muncul, “Bisnis yang Anda miliki akan membawa konsumen kemana?” dalam hal ini Apple Inc ingin menginspirasi publik untuk melihat dunia secara berbeda.

4.2) Mengetahui target yang ingin dicapai perusahaan dengan jelas

Anda bisa melakukan analisa dengan menengok Kembali ke belakang untuk menentukan target yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa menetapkan target pribadi atau perusahaan dengan cara cerdas, terukur, dapat diraih, relevan, dan sesuai tenggat waktu. Adanya target akan membuat Anda lebih bekerja keras dan termotivasi dengan baik. Usahakan membuat target yang objektif dan terukur yang bisa dilakukan bersama-sama dengan tim Anda.

4.3) Membuat visi yang sederhana, jelas, dan mudah dipahami

Ide atau gagasan terkadang lebih mudah muncul jika Anda termotivasi dan memiliki target. Namun, seringkali ide atau gagasan tersebut juga sulit untuk dijalankan. Bisa jadi penyebabnya adalah kurangnya fokus dan konsistensi. Untuk menghindari hal itu Anda harus membuat daftar prioritas dan pastikan daftar tersebut mencantumkan visi perusahaan sehingga semua anggota tim bisa mengingatnya dan termotivasi untuk mencapai visi perusahaan. Dengan kejelasan visi ini tim akan lebih fokus dan terarah dalam menjalankan tugasnya.

4.4) Berpikir jauh ke depan

Visi menggambarkan akan seperti apa diri kita di masa depan nanti. Meskipun visi banyak dianggap seperti suatu titik akhir namun sebenarnya tidak seperti itu. Bagaimanapun suatu bisnis harus terus berinovasi agar bisa terus bergerak maju sesuai tuntutan pasar yang ada. Ketika bisnis tidak lagi memiliki inovasi maka bisnis akan berjalan di tempat atau bahkan menghilang dari peredaran. Tentunya Anda tidak mengharapkan hal demikian terjadi, bukan?

Beberapa contoh visi dari perusahaan besar yang terkenal yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam merumuskan visi perusahaan adalah seperti di bawah ini:

Nike

"We see a world where everybody is an athlete united in the joy of movement. Driven by our passion for sport and our instinct for innovation, we aim to bring inspiration to every athlete in the world and to make sport a daily habit."

Microsoft

"To help people and businesses throughout the world realize their full potential."

Dua contoh visi perusahaan besar di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk merumuskan visi perusahaan. Menyusun visi perusahaan akan lebih baik jika dilakukan secara bertahap, melalui riset juga analisa agar bisa menetapkan visi yang lebih baik dari perusahaan kompetitor yang ada di pasar.

Tunggu apa lagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi Anda bersama www.wansolution.co.id



KONSULTASI GRATIS

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3



Alamat Kantor

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Konsultan IT dan Perusahaan IT Terbaik Di Jakarta Barat

Jasa Aplikasi Pelayanan Publik Profesional Di Yogyakarta

Aplikasi Learning Management System Jakarta Barat